Cara Membuat Abstrak Bahasa Inggris

Makalah akademis, ilmiah atau medis semuanya menggunakan abstrak untuk meringkas pekerjaan. Hal ini memungkinkan pembaca yang tertarik untuk merasakan makalah tersebut, dan mungkin memegang kunci apakah karya tersebut memenuhi minat atau tujuan mereka. Jadi, meskipun merupakan bagian terkecil dari disertasi, tesis, atau artikel jurnal, menulis abstrak adalah tahap vital yang harus berfungsi untuk menarik pembaca. Struktur
Penting bagi Anda untuk memeriksa pedoman institusi, fakultas, manual disertasi atau jurnal Anda sebelum menulis abstrak, karena mungkin ada persyaratan khusus yang harus Anda penuhi. Kedua fungsi ini sebagai pengantar dan ringkasan pekerjaan, tetapi perbedaan utamanya adalah bahwa sementara abstrak informasi menyertakan hasil, kesimpulan dan rekomendasi, abstrak deskriptif tidak menyertakan informasi ini, yang pada dasarnya adalah hasil pekerjaan. Sebagian besar abstrak sarjana dan pascasarjana mengikuti gaya informasional, tetapi periksa terlebih dahulu. Komponen abstrak
Berikut adalah tabel yang menguraikan abstrak empat paragraf yang mengikuti gaya informasional, dan dengan demikian mencakup hasil penelitian:
Komponen Kemungkinan sumber Paragraf 1:
Apa tujuan dari studi tersebut? Maidenhead: OUP, hal.151)
Bagaimana pembaca menemukan karya Anda? Anda tidak boleh memasukkan tabel atau gambar apa pun dalam abstrak, dan hanya menggunakan teks murni dan data numerik untuk meringkas studi Anda. Mengenai penggunaan singkatan dalam abstrak Anda, periksa pedoman institusi/referensi/jurnal Anda, dan ingat bahwa jika Anda menyertakan singkatan, definisikan secara lengkap pada penggunaan pertama.
Contoh abstrak naratif yang menunjukkan bagaimana setiap elemen ditambahkan ke abstrak:
(Tujuan) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lintasan belajar dari meningkatnya jumlah siswa pembelajar bahasa Inggris di Arizona, terutama mereka yang berjuang untuk lulus tes konten seni dan matematika bahasa Inggris negara bagian. (Metode) Penelitian ini mengikuti tiga kelompok siswa pelajar bahasa Inggris di Arizona (TK, kelas 3, dan kelas 6) selama enam tahun sekolah, 2006/07 hingga 2011/12, untuk menilai kemajuan mereka dalam kecakapan bahasa Inggris (berdasarkan skor mereka pada Arizona English Language Learner Assessment) dan kemajuan akademis mereka dalam seni bahasa Inggris dan pengetahuan konten matematika (berdasarkan skor mereka pada Instrumen untuk Mengukur Standar seni bahasa Inggris dan tes konten Arizona). (Implikasi) Pendidik mungkin mempertimbangkan untuk memberikan perhatian tambahan untuk meningkatkan praktik pengajaran dan layanan dukungan untuk membantu subkelompok siswa pelajar bahasa Inggris dengan kinerja yang paling buruk (yaitu, siswa di kelas yang lebih tinggi, siswa yang memenuhi syarat untuk layanan pendidikan khusus, siswa yang memenuhi syarat untuk program makan siang di sekolah, dan /atau dan siswa laki-laki).
Abstrak ada untuk "menjual" pekerjaan Anda, dan dengan demikian dapat dibandingkan dengan "ringkasan eksekutif" dari resume bisnis: penjelasan resmi tentang apa yang paling penting tentang penelitian Anda. Karena seringkali ini adalah SATU-SATUNYA kesempatan yang Anda miliki untuk meyakinkan pembaca untuk terus membaca, penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu dan energi menyusun abstrak yang dengan tepat mewakili bagian utama dari studi Anda dan memikat audiens Anda. Berikut adalah gambaran singkat dari keduanya:
Abstrak deskriptif : panjangnya sekitar 100-200 kata (atau lebih pendek); menunjukkan jenis informasi yang ditemukan di kertas; menjelaskan secara singkat latar belakang, maksud, dan tujuan makalah tetapi mengabaikan hasil, seringkali metode, dan terkadang juga kesimpulan
: panjangnya sekitar 100-200 kata (atau lebih pendek); menunjukkan jenis informasi yang ditemukan di kertas; menjelaskan secara singkat latar belakang, maksud, dan tujuan makalah tetapi mengabaikan hasil, seringkali metode, dan terkadang juga kesimpulan Abstrak informatif: panjang satu paragraf hingga satu halaman; versi terpotong dari makalah Anda yang merangkum setiap aspek penelitian, termasuk hasilnya; bertindak sebagai "pengganti" untuk penelitian itu sendiri, menggantikan makalah yang lebih besar
Dari dua jenis, abstrak informatif jauh lebih umum, dan mereka banyak digunakan untuk pengiriman ke jurnal dan konferensi. Abstrak informatif berlaku untuk penelitian yang lebih panjang dan lebih teknis dan umum dalam sains, teknik, dan psikologi, sedangkan abstrak deskriptif lebih mungkin digunakan dalam makalah humaniora dan ilmu sosial. Teliti pedoman dan persyaratan abstrak
Karena setiap artikel tentang penulisan penelitian akan memberi tahu Anda, penulis harus selalu mengikuti dengan cermat pedoman dan persyaratan khusus yang ditunjukkan di bagian "Panduan untuk Penulis" di situs web jurnal target mereka. Dalam jurnal ilmiah, abstrak membiarkan pembaca memutuskan apakah penelitian yang dibahas relevan dengan minat atau studi mereka sendiri. Saat Menguraikan dan Menulis Abstrak Anda
Berikan hanya informasi yang relevan dan berguna
Sama seperti judul makalah penelitian Anda harus mencakup sebanyak mungkin dasar dalam beberapa kata pendek, abstrak Anda harus mencakup semua bagian penelitian Anda untuk menjelaskan makalah dan penelitian Anda sepenuhnya. Ikuti hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam hal jenis tulisan apa yang harus disertakan:
Hindari akronim atau singkatan karena ini perlu dijelaskan agar masuk akal bagi pembaca, yang memakan ruang abstrak yang berharga. Misalnya, jika Anda menulis makalah tentang prevalensi obesitas di kalangan kelas bawah yang melintasi batas internasional, sertakan istilah seperti "obesitas", "prevalensi", "internasional", "kelas bawah", dan "lintas budaya". Ini adalah istilah yang harus menjaring beragam orang yang tertarik dengan topik studi Anda. Struktur Abstrak Penelitian
Seperti disebutkan di atas, abstrak (terutama abstrak informatif) bertindak sebagai pengganti atau sinopsis makalah penelitian Anda, melakukan pekerjaan yang hampir sama dengan ribuan kata yang mengikutinya di badan teks utama. Singkatnya, bagian pertama abstrak Anda harus mencakup pentingnya penelitian dan dampaknya pada bidang penelitian terkait atau salah satu domain ilmiah yang lebih luas. Pastikan untuk:
Detailkan penelitian Anda—termasuk metode/jenis penelitian, variabel Anda, dan luasnya pekerjaan
Tunjukkan bukti secara singkat untuk mendukung klaim Anda
Sorot sumber terpenting Anda
4) Ringkas hasil Anda. Jawab pertanyaan seperti ini:
Apa hasil studi Anda secara konkret (misalnya, tren, angka, korelasi antar fenomena)? Aturan Abstrak Tambahan dari Thumb
Tulis abstrak Anda setelah menyelesaikan makalah Anda
Meskipun abstrak berada di awal naskah Anda, itu tidak hanya memperkenalkan topik penelitian Anda (itulah tugas dari judul), tetapi merangkum seluruh makalah Anda. Sumber Daya Wordvice
Jika Anda merasa abstrak Anda baik-baik saja sekarang tetapi Anda memerlukan masukan tentang penulisan abstrak atau pengeditan naskah, maka kunjungi situs web sumber daya akademik Wordvice, di mana Anda akan menemukan lebih banyak artikel, misalnya tentang menulis bagian Hasil, Metode, dan Diskusi dari naskah Anda, tentang memilih judul untuk makalah Anda, atau tentang bagaimana menyelesaikan pengajuan jurnal Anda dengan surat pengantar yang kuat.
Cara Menulis Abstrak
Abstrak memadatkan tulisan yang lebih panjang sambil menyoroti poin-poin utamanya, menggambarkan secara ringkas konten dan ruang lingkup tulisan, dan meninjau konten dalam bentuk yang (sangat) disingkat. Ini menyatakan: tujuan, metode, dan temuan penelitian. Menulis abstrak yang baik mengharuskan Anda menjelaskan apa yang Anda lakukan dan temukan dalam bahasa yang sederhana dan langsung sehingga pembaca dapat memutuskan apakah akan membaca tulisan yang lebih panjang untuk detailnya. Perangkat lunak WhiteSmoke dapat menggunakan fitur pengayaan tulisannya untuk memeriksa kosakata Anda dan menyarankan kata-kata yang lebih tepat. Temukan keseimbangan yang nyaman antara menulis abstrak yang memberikan informasi teknis dan tetap dapat dipahami oleh non-ahli. Berikut cara menulis abstrak:
Apa pun jenis penelitian yang Anda lakukan, setelah Anda menulis tentangnya, Anda biasanya menulis abstrak pendek yang memberikan jawaban kepada pembaca atas pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang Anda teliti (apa pertanyaan yang Anda ajukan)? Abstrak penelitian eksperimental, kadang-kadang disebut abstrak ilmiah, (100 kata atau kurang) biasanya mencakup, dalam urutan ini:
Judul makalah. Sebuah diskusi singkat tentang konteks atau latar belakang. Kesimpulan utama (atau kesimpulan yang dihipotesiskan). Abstrak untuk proyek penelitian berbasis teks, atau abstrak makalah penelitian, (tidak lebih dari 250 kata) biasanya meliputi:
Judul makalah. Sebuah diskusi singkat tentang konteks atau latar belakang. Kesimpulan utama (atau kesimpulan yang dihipotesiskan). Abstrak biasanya pendek, hanya satu paragraf. Itu tidak boleh melebihi batas kata yang disediakan oleh jurnal atau manual gaya penelitian yang direkomendasikan (misalnya, gaya APA atau gaya MLA). Jelas - tetap dapat dibaca oleh para ahli dan non-ahli, bahkan dalam bentuk yang ringkas. Panjang (gaya APA-100 kata; gaya MLA-250 kata, keduanya maksimum--periksa pedoman di mana abstrak akan dikirimkan)
Tujuan (untuk mengomunikasikan dengan jelas kepada berbagai audiens Anda apa yang telah Anda teliti, untuk diterima di konferensi, agar artikel diterima oleh jurnal, dll.), dan
Audiens (Siapa ahli dan non-ahli yang Anda maksudkan dan informasi apa yang mereka harapkan dan ingin ketahui?). Dapatkan umpan balik tentang draf dari rekan kerja, supervisor, guru, dll--seseorang yang belum membaca pekerjaan lagi. Juga, ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan tesaurus yang kuat untuk menyarankan bahasa yang lebih efektif dan kamus besar untuk memastikan bahwa Anda menggunakan setiap kata dengan benar.
Cara Membuat Abstrak Bahasa Inggris Di Word
Misalnya, abstrak tidak boleh mengandung:
Informasi latar belakang yang panjang (pembaca membaca dengan teliti abstrak Anda untuk mempelajari tentang pekerjaan Anda saat ini, bukan pekerjaan sebelumnya dari peneliti lain)
kutipan
Detail tentang prosedur laboratorium rutin
Detail tentang metode statistik atau perangkat lunak yang digunakan (kecuali ini adalah fokus studi Anda)
Singkatan atau akronim yang tidak ditentukan (kebanyakan jurnal akan menyediakan daftar singkatan/akronim umum yang tidak perlu didefinisikan; beberapa jurnal tidak mengizinkan penggunaan singkatan/akronim dalam abstrak)
Hasil atau interpretasi yang tidak dibahas dalam teks
Setelah Anda menyelesaikan abstrak, penting untuk memastikan bahwa semua informasi yang Anda masukkan di sini sesuai dengan informasi di bagian utama makalah Anda.
Cara Membuat Abstrak Bahasa Inggris Yang Benar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan jenis kesalahan yang paling dominan pada Jurnal Internasional Riset Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (IJEBAR) STIE AAS Surakarta terbitan tahun 2018. Pada aspek tata bahasa terdapat 36 data atau 50,70 data. %, yang terdiri dari beberapa kesalahan dalam kelas kata (part of speech), misalnya dalam determinan/artikel (22 data atau 61,11 %), kata kerja (11 data atau 30,56 %), preposisi (2 data atau 5,56 %), dan kata benda (1 data atau 2,78%). Jenis kesalahan yang paling dominan ditemukan pada IJEBAR adalah pada aspek grammar, sebanyak 36 data atau 50,70%.
Cara Membuat Abstrak Menjadi Bahasa Inggris
Ahmad, S. (2015). Alhuqbani, M.N. (2013). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial, 3(3), 371-382. Amnuai, W. (2019a). Ilmu Sosial Asia, 5(1), 47-59. Amnuai, W. (2019b). Sage Open, 9(1), 19. Publikasi, 4(23), 1-16. Darabad, A.M. (2016). Jurnal Linguistik Internasional, 8 (2), 125-140. TESOL Triwulanan, 35(1), 121-150. Gillaerts, P., & Van de Velde, F. (2010). Jurnal Bahasa Inggris untuk Keperluan Akademik, 9(2), 128-139. Hanidar, S. (2016). Humaniora, 28(1), 12-27. Hyland, K. (2000). Hyland, K. (2002). Jurnal Pragmatik, 34(8), 1191-1112. Hyland, K. (2005). Hyland, K., & Jiang, F. (2018). Indrian, R.D., & Ardi, P. (2019). Jurnal EFL dan Linguistik Indonesia, 4(2). Kanoksilapatham, B. (2012). 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies, 18(4), 5-19. Kanoksilapatham, B. Pengajaran Bahasa Inggris, 8(1), 52-62. Lim, J.M.H. (2006). Studi Pendidikan Tinggi, 7(3), 25-41. Lors, R. (2004). Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus, 23(3), 280302. ?n, P. M. (2003). Nwogu, K.N. (1997). Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus, 16 (2), 119-138. Pho, P.D. (2008). Studi Wacana, 10(2), 231-250. Pengajaran Bahasa Inggris, 4(1), 162-166. Salager-Meyer, F. (1992). Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus, 11(2), 93113. Santos, M. (1996). Teks, 16(4), 481499. Srikrai, P. S., Deng, L., Saiyachit, L., & Seepho, S. (2016, Juni). Proceedings of the Seventh CLS international Conference CLaSIC, di National University of Singapore, 301-315, diambil dari https://www.fas.nus.edu.sg/cls/CLaSIC/clasic2016/proceedings.html
Suntara, W. (2018). Jurnal Ilmu Sosial & Humaniora Pertanika, 26 (3), 12831300. Suntara, W., & Usaha, S. (2013). Pengajaran Bahasa Inggris, 6(2), 84-99. Swales, J. M. (1990). Tseng, F. (2011). Jurnal Internasional Linguistik Bahasa Inggris, 1(2), 27-39. Tu, P. N., & Wang, S. P. (2013) Penelitian berbasis korpus tentang analisis tense dan struktur retorika dalam abstrak artikel jurnal. Konferensi Asia Pasifik tentang Bahasa, Informasi, dan Komputasi (PACLIC 27), Universitas Nasional Chengchi, Taipei, Taiwan. Diperoleh dari https://www.aclweb.org/anthology/Y13-1008.pdf
Vathanalaoha, K., & Tangkiengsirisin, S. (2018). Studi Humaniora, Seni dan Ilmu Sosial, 18(3), 639-662. Walkov, M. (2019). Weissberg, R., & Buker, S. (1990). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Zanina, E. (2017). Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 63-72. (2012). Jurnal ESP Asia, 8(2), 126-149.

