Notifikasi

Cara Membuat Abstrak Penelitian

Cara Membuat Abstrak Penelitian

Jika abstrak Anda tidak menarik perhatian mereka dan membuat kesan pertama yang baik, ada kemungkinan besar makalah penelitian Anda akan ditolak di awal. Selain itu, bahkan setelah makalah penelitian Anda diterbitkan, abstrak Anda akan menjadi yang pertama, dan mungkin satu-satunya, hal yang akan diakses pembaca melalui pencarian elektronik. Artinya, menggambarkan topik penelitian dan temuannya tetapi biasanya tidak memberikan informasi spesifik tentang metode dan hasil. Dalam penulisan ilmiah, sebaliknya, abstrak biasanya disusun untuk menggambarkan latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan, dengan atau tanpa subpos. Ini bukan tugas yang mudah, tetapi inilah panduan 10 langkah yang akan membuatnya lebih mudah:

Mulailah menulis abstrak setelah Anda selesai menulis makalah. Sekarang, susun kalimat dan frasa yang dipilih pada langkah 2, 3, dan 4 menjadi satu paragraf dalam urutan berikut: Pendahuluan, Metode, Hasil, dan Kesimpulan. Pastikan paragraf ini tidak mengandung informasi baru yang tidak ada dalam makalah

singkatan atau nama grup yang tidak ditentukan

diskusi literatur sebelumnya atau kutipan referensi

rincian yang tidak perlu tentang metode yang digunakan Hapus semua informasi tambahan (lihat langkah 6) dan kemudian hubungkan kalimat Anda untuk memastikan bahwa informasi mengalir dengan baik, sebaiknya dalam urutan berikut: tujuan; desain studi dasar, metodologi dan teknik yang digunakan; temuan utama; ringkasan interpretasi, kesimpulan, dan implikasi Anda. Mintalah seorang rekan untuk meninjau abstrak Anda dan periksa apakah maksud, tujuan, metode, dan kesimpulan penelitian dinyatakan dengan jelas. Periksa untuk melihat apakah abstrak akhir memenuhi pedoman jurnal target (batas kata, jenis abstrak, subjudul yang direkomendasikan, dll.). Sekarang tinjau kembali abstrak Anda dengan mempertimbangkan langkah-langkah ini, dan saya yakin Anda akan dapat merevisinya dan membuatnya lebih menarik. Microlearning - Cara menulis abstrak makalah penelitian yang bertujuan Untuk mempelajari cara terbaik menulis abstrak persuasif dengan cepat, ikuti kursus microlearning 1 jam ini:

Untuk ringkasan singkat 3 menit dari artikel ini, lihat video ini:

Untuk tutorial lebih detail tentang penulisan judul dan abstrak, baca artikel berikut:


Dalam hal makalah konferensi, abstrak akan menentukan apakah makalah tersebut diterima atau tidak untuk dipresentasikan kepada rekan kerja. Penyelenggara konferensi dan editor jurnal dan reviewer memperhatikan abstrak karena merupakan prediktor yang baik dari kualitas makalah atau pembicaraan. Pada dasarnya, abstrak harus mencerminkan semua bagian dari makalah penelitian Anda, termasuk diri Anda sendiri, tetapi dalam bentuk yang dipersingkat. Dengan kata lain, seseorang yang hanya membaca abstrak Anda harus dapat:

mengerti mengapa Anda melakukan penelitian

bagaimana Anda melakukannya?

apa yang kamu temukan,

dan mengapa pekerjaan Anda penting. Secara umum, hindari pendekatan cut-and-paste pemula saat menyusun abstrak Anda dan alih-alih menulis ringkasan yang unik dan mandiri. Meskipun penyertaan data dapat diterima, laporkan hanya angka-angka yang mewakili informasi paling penting. Beberapa penulis menyertakan kutipan atau URL dalam abstrak mereka, tetapi banyak jurnal melarang atau melarang penambahan tersebut. Pastikan untuk tetap dalam batas kata, yang sebagian besar jurnal dan konferensi ditetapkan untuk abstrak. Beberapa jurnal atau konferensi menyediakan template yang menentukan empat atau lima bagian, misalnya, Latar Belakang atau Tujuan, Pertanyaan, Metode, Hasil, dan Kesimpulan. Jika Anda mengikuti rumus ini, abstrak Anda akan terorganisir dengan baik dan akan mengandung semua elemen penting. Di sini, Anda ingin memberikan beberapa latar belakang penelitian, motivasi di balik penelitian, dan/atau pertanyaan atau hipotesis spesifik yang Anda bahas. Anda mungkin dapat mengatur panggung hanya dengan satu atau dua kalimat, tetapi terkadang dibutuhkan deskripsi yang lebih panjang. Umumnya, Anda ingin membuat bagian metode tetap singkat kecuali jika itu adalah fokus makalah. Saat menjelaskan hasil Anda, berusahalah untuk fokus pada temuan utama dan daftar tidak lebih dari dua atau tiga poin. Juga, hindari kata-kata yang ambigu atau tidak tepat, yang merupakan kesalahan umum yang ditemukan dalam abstrak konferensi yang ditulis sebelum data dikumpulkan atau dianalisis secara lengkap. Jika data Anda tidak lengkap atau masih dianalisis, Anda belum siap untuk mempresentasikan makalah Anda. Namun, dalam menulis bagian ini, jangan menyatakan generalisasi menyeluruh yang tidak didukung oleh data atau mengatakan bahwa wawasan “akan dibahas”. Search Engine Optimization (SEO), yang berarti memasukkan kata kunci yang kemungkinan besar akan digunakan orang saat mencari makalah tentang topik Anda. Selain memasukkan istilah-istilah tersebut di bidang judul dan kata kunci makalah Anda, Anda ingin mengulangi istilah-istilah tersebut secara kontekstual di seluruh abstrak. Dengan mengoptimalkan abstrak Anda untuk ditemukan oleh mesin pencari, Anda dapat meningkatkan peringkat makalah Anda dalam pencarian dan memudahkan rekan kerja untuk menemukannya. Meskipun abstrak semacam itu menyertakan komponen visual tambahan, pedoman dasar yang sama yang telah saya bahas dalam posting ini masih berlaku. Semua abstrak yang baik merekapitulasi kertas dan berisi empat bagian kunci yang tercantum di atas. Menulis abstrak yang baik bukanlah seni, tetapi keterampilan yang dipelajari. Jika Anda belum menerbitkan makalah, latihan ini akan membantu Anda mengasah keterampilan yang diperlukan untuk menulis abstrak yang ringkas dan informatif. Jika Anda ingin melihat presentasi yang merangkum poin-poin dalam posting ini dan menggunakan abstrak yang diterbitkan untuk mengilustrasikannya, lihat tautan ini.


Instruksi berikut adalah untuk Konferensi Penelitian Sarjana, Beasiswa dan Kegiatan Kreatif dari Pusat Penelitian Sarjana, namun konsep umum akan berlaku untuk abstrak untuk konferensi serupa. Dalam jurnal, abstrak memungkinkan pembaca untuk dengan cepat memahami tujuan dan gagasan utama dari sebuah makalah dan memberi tahu peneliti lain apakah membaca seluruh makalah akan bermanfaat. Dalam konferensi, abstrak adalah iklan bahwa makalah/presentasi layak mendapat perhatian audiens. Audiens konferensi (dosen, administrator, rekan, dan keluarga penyaji) menggunakan abstrak Anda untuk memutuskan apakah akan menghadiri presentasi Anda atau tidak. Seperti abstrak yang disiapkan peneliti untuk konferensi ilmiah, abstrak yang Anda kirimkan untuk Konferensi Penelitian Sarjana kemungkinan besar akan mencerminkan pekerjaan yang masih berlangsung pada saat Anda menulisnya. Meskipun isinya akan bervariasi sesuai dengan bidang dan proyek tertentu, semua abstrak, baik dalam sains atau humaniora, menyampaikan informasi berikut:

Tujuan proyek mengidentifikasi area studi yang menjadi miliknya. Pentingnya bahasa yang dapat dimengerti

Karena semua peneliti berharap pekerjaan mereka akan berguna bagi orang lain, dan karena beasiswa yang baik semakin banyak digunakan lintas disiplin, sangat penting untuk membuat bahasa abstrak Anda dapat diakses oleh non-spesialis. Hanya satu abstrak per orang yang diperbolehkan untuk Konferensi Penelitian, Beasiswa, dan Kegiatan Kreatif Sarjana URC. Saat ini, dalam fase percobaan Tier II dari penilaian ini, saya sedang menyelidiki mobilitas asap bawah tanah 20% dan 100% campuran biodiesel berbasis Kedelai dan Lemak Hewani yang ditambahkan dan tidak ditambahkan dan membandingkannya dengan Ultra Low-Sulfer Diesel #2 (USLD) dengan memfilmkan bahan bakar ini saat mereka merembes melalui pasir tak jenuh, menemukan tabel air bawah tanah simulasi, dan membentuk lensa mengambang di atas air.


[1] Sebuah abstrak menjelaskan apa yang Anda lakukan dalam esai Anda, apakah itu eksperimen ilmiah atau makalah analisis sastra. Untuk menulis abstrak, selesaikan makalah Anda terlebih dahulu, lalu ketik ringkasan yang mengidentifikasi tujuan, masalah, metode, hasil, dan kesimpulan dari pekerjaan Anda.



# Video | Cara Membuat Abstrak Penelitian

Cara Membuat Abstrak Penelitian Kualitatif

Karena dokumen penelitian akademik dapat berjalan dari artikel jurnal 2000 kata hingga disertasi puluhan ribu kata, akan sangat membantu untuk memberikan ringkasan singkat tentang isi karya tersebut, untuk menghindari frustrasi membaca dokumen secara penuh hanya untuk menyadari bahwa itu tidak memenuhi kebutuhan Anda sebagai sesama peneliti. Secara umum, dua alasan utama untuk menulis abstrak adalah:

Pilihan – untuk membantu pembaca memutuskan apakah mereka ingin membaca artikel Anda Pengindeksan – untuk pemulihan cepat dan referensi silang. Komponen Kunci dari Abstrak yang Efektif

Ringkas: Ini adalah deskripsi singkat dari penelitian Anda: 150-200 kata Penggunaan Tegang: Karena Anda menggambarkan pekerjaan yang telah selesai, itu harus ditulis dalam bentuk lampau Pilih Suara yang Tepat: Karena Anda menggambarkan pekerjaan yang Anda lakukan, itu harus ditulis dengan kalimat aktif daripada pasif Struktur: Ikuti struktur formal untuk memastikan bahwa semua informasi yang relevan disertakan: Pernyataan Masalah: Mengapa topik penelitian itu penting dan mengapa Anda memilih untuk menyelidikinya Metodologi: Bagaimana Anda menyelidikinya Hasil : Apa yang Anda pelajari Kesimpulan: Implikasi dari apa yang Anda temukan Hindari Jargon: Asumsikan tidak ada pengetahuan sebelumnya dari pembaca Anda – hindari akronim dan jelaskan topik spesifik apa pun. pembaca. Ini adalah dokumen ringkasan, bukan kritik dan harus ditulis seperti itu. Tetap dalam Konteks: Tetap dalam batas-batas dokumen Anda – jangan sertakan informasi apa pun yang tidak dapat ditemukan dalam makalah/artikel penelitian Kata kunci: Gunakan kata kunci yang relevan untuk memfasilitasi klasifikasi yang benar dalam indeks yang tepat Kapan Anda Harus Menulis Satu? Tulis abstrak segera setelah Anda menyelesaikan penelitian Anda, sementara informasinya masih segar di pikiran Anda

Jenis & Contoh Abstrak

Abstrak Deskriptif: Biasanya ringkasan pendek dari 100 kata atau kurang tanpa kesimpulan apa pun

“Menulis abstrak yang eye catching adalah pekerjaan yang penting dan sulit. Makalah ini memberikan pendekatan baru dan langkah demi langkah untuk menulis abstrak terstruktur yang baik.”

Abstrak Informatif: Disebut juga sebagai abstrak terstruktur

“Penelitian yang dilaporkan oleh Daly, Miller, dan rekan-rekan mereka menunjukkan bahwa ketakutan menulis terkait dengan sejumlah faktor yang belum sepenuhnya kita pahami. Hasil dari survei terhadap 247 siswa sekolah menengah yang terdaftar dalam kursus menulis pengantar di dua institusi menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan yang lebih tinggi pada bakat berkorelasi dengan tingkat pemahaman menulis yang lebih tinggi, penilaian kemampuan menulis yang lebih rendah, tingkat kepercayaan diri yang lebih rendah dalam mencapai kemahiran dalam bidang tertentu. kegiatan menulis dan genre, dan penilaian diri yang lebih rendah dari pengalaman sebelumnya dengan instruktur menulis. Perbedaan signifikan dalam tingkat kepercayaan pada bakat juga ditemukan di antara siswa yang berbeda dalam persepsi mereka tentang tujuan paling penting untuk menulis, dengan siswa yang mengidentifikasi "untuk mengekspresikan perasaan Anda sendiri tentang sesuatu" sebagai tujuan paling penting untuk menulis memiliki rata-rata tertinggi. tingkat kepercayaan pada bakat. Meskipun validitas gagasan bahwa kemampuan menulis adalah karunia khusus tidak secara langsung dibahas, hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan pada bakat mungkin memiliki efek merusak pada penulis siswa.

Karena abstrak Anda akan menjadi kunci untuk menemukan karya yang lengkap, luangkan waktu ekstra untuk memeriksa ulang sebelum diserahkan.



Cara Membuat Abstrak Penelitian Kuantitatif

Contoh abstrak #1

Abstrak:

“Studi ini mengeksplorasi pola penggunaan video game dan kecanduan video game di kalangan mahasiswa laki-laki dan meneliti bagaimana kecanduan video game terkait dengan harapan keterlibatan perguruan tinggi, nilai rata-rata kuliah (IPK), dan pelanggaran narkoba dan alkohol di kampus. Hasil dibahas dalam hal implikasi untuk keterlibatan dan keberhasilan siswa laki-laki di perguruan tinggi, dan dalam hal validitas konstruk kecanduan video game.

Yang menarik dari abstrak ini:

Abstrak ini tidak secara khusus menyatakan mengapa masalah tersebut layak untuk diteliti, meskipun tersirat karena penelitian ini berfokus pada kecanduan. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi mekanisme yang mendasarinya, temuan menunjukkan kebutuhan untuk menyadarkan siswa dan pendidik tentang potensi risiko akademik yang terkait dengan penggunaan ponsel frekuensi tinggi.”

Yang menarik dari abstrak ini:

“Regresi hierarkis (R2 = 0,449) menunjukkan …” Ya, saya juga tidak yakin apa artinya itu. Contoh abstrak #7

Abstrak:

“Penelitian ini secara eksperimental menyelidiki efek penggunaan Facebook pada suasana hati dan citra tubuh wanita, apakah efek ini berbeda dari majalah mode online, dan apakah kecenderungan perbandingan penampilan memoderasi salah satu dari efek ini. Mengingat popularitasnya, diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami dampak Facebook terhadap masalah penampilan.”

Yang menarik dari abstrak ini:

Abstrak ini dengan jelas merangkum proses penelitian dan hasil penelitian. Contoh abstrak #10

Abstrak:

“Studi ini meneliti peran daya tarik fisik para kencan online dalam presentasi diri profil mereka dan, khususnya, penggunaan penipuan mereka. Tetapi sebelum Anda menambahkan abstrak Anda ke makalah akhir, lihat sumber daya ini untuk beberapa tip tambahan untuk membantu menyempurnakan tulisan Anda:

Inilah satu tip terakhir untuk membantu membuat abstrak Anda (dan makalah Anda) menjadi yang terbaik: biarkan editor Kibin memberikan beberapa umpan balik ahli.



Contoh Membuat Abstrak Penelitian

Jika Anda telah melakukan penelitian kuantitatif, abstrak Anda harus berisi informasi seperti ukuran sampel, metode pengumpulan data, teknik pengambilan sampel, dan durasi eksperimen Anda. Gunakan Gratis: Templat Formulir Penelitian

Gaya Penulisan Abstrak dan Pedoman Umum

Sekarang setelah Anda mengetahui bagian yang berbeda ditambah informasi yang harus berisi abstrak Anda, mari kita lihat bagaimana menulis abstrak untuk makalah penelitian Anda. Pendekatan termudah untuk menulis abstrak yang baik adalah memusatkannya pada informasi utama termasuk masalah dan tujuan penelitian Anda, metodologi, dan hasil utama.



# Images | Cara Membuat Abstrak Penelitian
Cara Membuat Abstrak Penelitian
Cara Membuat Abstrak Penelitian
Naruto
Margareth
I am an experienced writer with a passion for writing. I have been published in various magazines and online journals, and have had several books of poetry published. I enjoy hiking and spending time with family and friends.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.